Selasa, 14 Desember 2010

proposal plh



PROPOSAL
Pengenalan Lingkungan Hidup
“Daur Ulang Kardus Bekas menjadi Tas”










Disusun oleh:
Bigtha Yeane Asri (    )
Septiyani (    )
XII IPA 2









SMA Negeri 6 Bandung
2010/2011
       I.            Dasar Pemikiran
Pada dasarnya kehidupan manusia di muka bumi ini akan terus berlangsung dari satu generasi ke generasi berikutnya. Maka dari itu kelestarian bumi ini untuk tetap sehat harus terus di jaga. Namun seiring dengan perkembangan pesat kebutuhan manusia akan suatu barang, maka makin bertambah banyak pula limbah atau sampah yang dihasilkan. Dan jika limbah-limbah yang ada tidak di daur ulang dan di biarkan menumpuk, maka lingkungan hidup manusia akan menyempit dan tidak di jamin lagi kebersihan serta kesehatannya. Oleh sebab itu akhir-akhir ini banyak masyarakat yang peduli akan lingkungan bersih dan sehat yang menggalakkan kegiatan recycle atau biasa disebut dengan daur ulang.
Daur ulang merupakan proses pembuatan suatu barang baru yang berguna dari sisa barang atau limbah suatu barang yang sudah tidak terpakai lagi atau yang sudah menjadi sampah. Barang-barang yang dihasilkan dapat berupa kertas, tas, baju, sandal, dompet, gelang, hiasan dinding, hiasan meja, bunga plastik, bahkan pupuk, dan berbagai macam barang lainnya yang pestinya berguna bagi kehidupan manusia.

    II.            Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari kegiatan recycle ini untuk menggalakkan dan menciptakan go green atau bisa juga dalam gerakan cegah global warming, yang sudah semakin terasa kehadirannya di muka bumi ini. Maka dari itu kita sendiri sebagai penduduk bumi ini harus berjuang mempertahankan kelestarian lingkungan hidup, salah satunya dengan melakukan daur ulang, untuk mengurangi limbah yang ada.

 III.            Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan untuk recycle barang-barang bekas ini ditunjukan bagi semua orang yang peduli akan kelestarian lingkungan, terutama bagi kalangan pemuda yang semestinya lebih peka dan peduli akan kesehan lingkungan.





 IV.            Format Kegiatan
“Daur Ulang Kardus Bekas menjadi Tas”
Alat dan Bahan :
~ gunting
~ cuter
~ pensil
~ penggaris
~ bungkus makanan ringan
~ tali
~ lem aibon
~ kardus
Cara Pembuatan :
1.      Gambarlah sebuah pola tas pada kardus.
2.      Potonglah kardus sesuai pola yang telah digambar.
3.      Bentuklah kardus sesuai pola, lalu lem dengan lem aibon.
4.      Lubangi pada bagian belakang tas, lalu ikatkan tali.
5.      Gunting bungkusan makanan ringan sesuai keinginan, kemudian tempelkan pada bagian luar tas.
6.      Beri hiasan sesuai keinginan.

    V.            Penutup
Demikian proposal Kegiatan Daur Ulang ini yang dapat kami sampaikan. Besar harapan kami akan segala partisipasi dari semua kalangan lapisan masyarakat baik itu tua-muda, kalangan bawah atau pun atas agar dapat mendukung  kegiatan recyle ini.

0 komentar:

Posting Komentar